PENGUKURAN ATAU PERENCANAAN JALAN
Tahapan-tahapan dan prosedur pengukuran topografi teristris yang dilakakan untuk pekerjaan perencanaan jalan dan jembatan yang meliputi :
- Tahap persiapan (personil,bahan atau alat dan adminitrasi)
- Tahap survey atau pengukuran (survey pendahuluan dan survey detail)
- Tahap pengolahan data.
- Tahap penggambaran.
1.Survey Pendahuluan.
Survey pendahuluan (reconnaissance) dilakukan untuk mengetahui secara factual kondisi rencana trase jalan yang telah di buat. Peralatan dan bahan yang di perlukan antara lain peta rencana trase jalan diatas peta topografi skala 1 : 50.000 atau skala 1 : 25.000, GPS navigasi, heling meter / clinometers, kompas, formulir survey dan calculator, GPS navigasi dan kompas berfungsi untuk penentuaan prosentase kemiringan vertical pada AS rencana. Jika trase rencana yang telah di buat tidak memungkinkan diterapkan dilapangan maka dilakukan pemilihan alternatif trase jalan.
2.Pemasangan Bench Mark (BM).
Sebelum dilakukan pengukuran, dilakukan pemasangan patok sebagai sarana penyimpan informasi koordinat hasil pengukuran. Monument pengukuran jalan dan jembatan berupa bench mark (BM), patok CP (concrete point) dan patok kayu pengukuran. Bench mark (BM) di pasang di sepanjang ruas jalan yang di ukur pada setiap interval jarak ± 1 KM. di setiap pemasangan BM harus disertai pemasangan patok CP. Sebagai pasangan untuk mendapatkan azimuth pada pekerjaan stake_out tahap pelaksanaan.
Pemasangan BM untuk jalan exsisting sebaiknya di pasang di kiri jalan dan CP di kanan jalan searah dengan jalur pengukuran dengan posisi saling tampak satu sama lain. Pemasangan patok kayu di lakukan di setiap interval 50 m pada jalur yang lurus dan datar serta setiap 25 m pada jalur yang berbelok / perbukitan pada sisi jalan yang sama. Pada daerah tertentu yang tidak bisa di pasang patok kayu bisa dig anti dengan pemasangan paku payung dengan di tandai cat sekitarnya dan di beri nomor sesuai urutannya untuk memudahkan pencarian patok, sebaiknya pada daerah sekitarnya di beritanda khusus.
3.Pengukuran Kerangka Kontrol Vertical (KKV)
Pengukuran kerangka control vertical dilakukan dengan metode sipat datar disepanjang trase jalan melewati BM, CP dan semua patok kayu. Pengukuran sipat datar dilakukan pergi pulang secara kring pada setiap seksi. Panjang seksi ± 1 – 2 km dengan persyaratan (toleransi) ketelitian ≤ (kurang dari atau sama dengan) 10 mm √D, dimana D adalah jumlah jarak dalam km.Elevasi titik referensi yang di gunakan sebagai elevasi awal harus di hitung dari tinggi MSL (muka air laut rata rata).
Pengukuran sifat datar harus menggunakan alat sipat datar otomatis atau yang sederajat dengan deviasi standar ketelitian pengukuran alat per 1 km pergi pulang ketelitianya ≤ 5 mm, pembacaan rambu harus dilakukan pada tiga benang yaitu benang atas, benang bawah, benang tengah.untuk control bacaan.rambu ukur harus dilengkapi nivo kotak untuk pengecekan vertical rambu.
4.Pengukuran Kerangka Kontrol Horizontal (KKH)
Pengukuran titik titik control horizontal dilakukan untuk merapatkan titik-titik control horizontal yang ada di sekitar lokasi proyek. Titik-titik koordinat yang di pakai sebagai control horizontal tersebut di anjurkan dalam system koordinat nasional dengan system proyeksi yang di gunakan adalah UTM (Universal Transverse Mecator) dengan pertimbangan bahwa pengukuran topografi bidang jalan bersifat memanjang. Pengukuran titik titik control horizontal dilakukan dengan metode polygon terbuka terikat sempurna atau dengan polygon tertutup. Pengukuran polygon horizontal meliputi pengukuran sudut tiap titik polygon, pengukuran jarak tiap sisi polygon dengan azimuth.
5.Pengukuran Penampang Memanjang.
Pengukuran penampang memanjang dalam pelaksanaanya di lakukan bersamaan dengan pengukuran sifat datar atau pengukuran penampang melintang. Pengambilan data penampang memanjang dilakukan dengan setiap perubahan muka tanah dan sesuai dengan kerapatan detail yang ada sepanjang trase. Pembacaan rambu harus di lakukan pada pada tiga benang yaitu : benanf atas, benang bawah, benang tengah.
6.Pengukuran Penampang Melintang.
Pengukuran penampang melintang ruas jalan di lakukan alat sipat datar pada daerah datar dan terbuka, tetapi pada daerah dengan topografi bergelombang sebaiknya dilakukan dengan menggunakan teodolit kompas dengan ketelitian bacaan 20”. Pengukuran penampang melintang ruas jalan dilakukan harus tegak lurus dengan ruas jalan. Pengambilan data dilakukan pada tiap perubahan muka tanah dan sesuai dengan kerapatan detail yang ada dengan mempertimbangkan factor skala peta yang dihasilkan dan tingkat kepentingan data yang akan ditonjolkan.
Sketsa penampang melintang tidak boleh terbalik antara sisi kanan dengan sisi kiri. Untuk mempermudah pengecekan, pada masing masing sisi koridor di beri notasi yang berbeda, misalnya koridor sebelah kiri dari center line jalan diberi notasi alphabetic dan untuk koridor sebelah kanan di beri notasi numbers. Pengukuran penampang melintang dilakukan dengan persyaratan : Kondisi datar, landai dan lurus dilakukan pada interval tiap 50 m dengan lebar koridor 75 m ke kiri dan 75 m ke kanan AS trase jalan.
7.Pengukuran dengan Titik Ikat Referensi.
Pengukuran kerangka control horizontal diikatkan pada titik titik referensi horizontal exsisting yang ada. Informasi keberadaan posisi /lokasi titik ikat tersebut dapat di cari dari institusi yang terkait antara BAKOSURTANAL, BPN, atau dari hasil pengukuran proyek sebelumnya. Pengukuran penampang memanjang jalan,pengukuran melintang jalan, pengukuran penampang melintang sungai dan pengukuran situasi. Persiapan dan survey pendahuluan sama seperti pada pekerjaan pengukuran jalan.
8.Pengukuran Penampang Melintang Sungai.
Koridor pengukuran kearah hulu dan hilir masing masing 125 m dari as rencana jembatan pengukuran kedalaman sungai dilakukan denganmenggunakan rambu ukur atau bandul zonding jika kedalaman air kurang dari 5 m dan arus tidak deras, jika arus deras dan kedalaman lebih dari 5 m pengukuran dilakukan dengan alat echosounder.
9.Pengukuran Situasi.
Pengukuran situasi dilakukan dengan menggunakan electronic total station (ets) atau dengan alat ukur teodolit dengan ketelitian bacaan ≤ 20”. Data yang diukur mencakup semua obyek bentukan alam dan buatan manusia yang ada disekitar rencana jembatan. Pada pengukuran situasi tersebut, pengambilan titik ukur haru detail / rapat. Hal ini karena pada lokasi disekitar rencana jembatan akan dilapangkan. Selain itu pada lokasi lokasi tersebut biasanya akan dilakukan desain desain yang bersifat khusus .
10.Pengkuran Pelaksanaan Jalan.
Pengukuran pelaksanan jalan bertujuan untuk mengimplementasikan gambar rencana (design drawing) di lapangan. Sesuai dengan tujuannya, maka implementasi tersebut dapat digunakan untuk menentukan center line, pembuatan shop drawing, rencana pembebasan lahan, dan monitoring pelaksanakan pekerjaan. Pengukuran untuk kegiatan pelaksanaan di lakukan dengan cara stake_out, yaitu meletakan posisi posisi detail dari gambar rencana kedalam posisi sebenarnya di lapangan dengan di bantu oleh koordinat koordinat yang ada di lapangan.
11.Pengukuran Stake Out Untuk Center Line.
Pengukuran Stake Out untuk penentuan center line merupakan stake_out bersifat garis, baik berupa garis lengkung maupun garis lurus. Stake out bersifat garis lurus dilakukan terhadap center line pada jalan yang lurus. Stake out dilakukan setiap interval 50 m. untuk stake out yang bersifat lengkung dilakukan setiap tikungan jalan.
Dimana posisi yang akan di stake out antara lain : PI (point intersection), TC (target circle) CT (circle tangent), untuk tikungan bentuk full circle : TS (tangent spiral), SC (spiral circle), CS (circle spiral), ST (spiral tangent) untuk tikungan bentuk spiral – circle – spiral . jarak dari titik diatas sudah terdapat dalam rencana (design drawing). Alat ukur yang digunakan adalah teodolit / EDM / ETS.
12.Pengukuran Stake Out Untuk Rencana Pembebasan Lahan.
Pengukuran stake out untuk rencana pembebasan lahan dilakukan bila dalam pelaksanaan pekerjaan diperlukan pembebasan lahan. Daerah yang ukur adalah daerah yang terkanan pembebasan lahan. Pada pengukuran ini dilakuakn pemasangan patok patok pada batas batas daerah yang terkena pembebasan berdasarkan koordinat patok patok pada batas yang telah terdapat pada peta rencana pembebasan lahan.
13.Pengulahan Data.
Pengolahan data hasil dari pengukuran topografi terdiri dari beberapa tahapan hitungan, yaitu hitungan polygon untuk pengukuran kerangka control horizontal (sudut.azimut, jarak) hitungan sifat datar untuk pengukuran kerangka vertical serta hitungan posisi dan beda tinggi untuk pengukuran situasi dan penampang melintang. Pengolahan data dapat dilakukan secara manual dengan batuan calculator, ataupun dengan batuan computer.
Dari hasil pengukuran lapangan dapat berupa formulir yang berisi catatan dari hasil pengukuran maupun data yang direkam dalam fileelektronik. Untuk pengukuran yang bersifat manual dan semi digital berupa koordinat masing masing obyek yang selanjutnya akan digunakan sebagai masukan data untuk proses penggambaran. Untuk pengukuran dengan system digital murni, maka dari hasil pengukuran di rekam dalam file elektronik, hal ini disebabkan alat ukur digital yang dilengkapi data rekorder atau ata collector, sehingga pengalahan data akan lebih mudah dan lebih cepat.
Data ukur lapangan yang sudah tersimpan didalam memory dat recorder atau data collector bisa langsung di download kekomputer dengan bantuan interface. Format data ini di konversi keformat raw data dan selanjutnya dilakukan proses konversi kedalam file book(data file book ini mempunyai format yang sama dengan batch file). Data file book di hitung dengan perangkat lunak khusus topografi untuk memperoleh harga koordinat.
14.Penggambaran.
Penggambaran dapat dilukan dengan dua carayaitu penggambaran dengan cara manual dan penggambaran dengan cara digital.penggambaran secara manual berdasarkan hasil ukuran lapangan yang menggunakan tangan diatas kertas millimeter dengan masukan data data dari hitungan manual. Penggambaran digital dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak computer dan plotter dengan data masukan dari hasil hitungan spreadsheet ataupun download data dari pengukuran digital yang kemudian diproses dengan perangkat lunak topografi.
KEUNTUNGAN PENYELIDIKAN TANAH
Profil Tanah
Keamanan Bangunan
Kapasitas Daya
SERVICE :
- Sondir (CPT)
- Boring SPT
- Uji Lab. Mekanika Tanah
- Survey Pengukuran Topografi
- Stake Out Titik Pancang
- Survey Batimetri
- Survey Oseanografi
- Photo Udara UAV
- Hand Bor
- Geolistrik
- Hammer Test
- Sand Cone
- Core Drill
- CBR
- DCP Test